Taman Wisata Alam Pulau Tikus

Taman Wisata Alam Pulau Tikus adalah pulau karang kecil yang terletak disebelah barat kota Bengkulu. Pada masa dahulu sampai sekarang pulau ini merupakan tempat kapal-kapal berlabuh untuk berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia.

STATUS HUKUM TWA Pulau Tikus ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.383/Kpts-II/1985 tanggal 27 Desember 1985, dengan luas kawasan 2,50 Ha. Pulau Tikus adalah salah satu pulau yang terdapat diwilayah propinsi Bengkulu dan letaknya paling dekat dengan ibu kota propinsi, bila dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya.

KONDISI FISIK Kawasan ini memiliki luas 300 Ha, dengan luas daratan 2 Ha dan sisanya perairan. Letak secara administrasi Pulau Tikus terletak ke dalam wilayah kecamatan Teluk Segara Kotamadya Bengkulu. Secara geografis kawasan Pulau Tikus terletak pada: 102°9'30"-102°10'57" BT dan 03°49'30"- 03°51' 0" LS. Keadaan topografi kawasan hutan pada umumnya datar, dengan kelerengan 0-8%. Terdapat daerah yang berawa dengan jenis tanah pada kawasan tersebut adalah regosol, aluvial dan organosol. Tipe iklim menurut Oldeman, iklim dikawasan Hutan Wisata tersebut adalah tipe A.

POTENSI FLORA FAUNA Fauna pada kawasan ini terdapat ekosistem karang dan biota laut. pengunjung dapat menikmati wisata bahari disekitar pulau Tikus. Adapun jenis karang yang ada dikawasan tersebut yaitu acroporase, poriter, fungia, pocillopora, montipora, sarcophiton.

Untuk jenis satwa dan biota laut yang ada diantaranya, ikan-ikan, karang, kepiting, udang dan lain-lain. Selain itu juga disepanjang pantai Pulau Tikus terdapat pantai pasir putih, pada malam harinya dapat juga menyaksikan penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Cheloma mydas) naik ke darat untuk bertelur.

Beberapa jenis burung yang dapat dilihat dikawasan tersebut yaitu: Burung bangau hitam (Egresa sacra), burung dara laut (Duluca bicolor), burung kwak maling (Nytcicuray sp),dan burung pecuk padi (Polocrocoray sulsinostris).

Flora yang dominan yang tumbuh yaitu: Nyamplung (Calophylum inophylum), Waru, Ketapang (Terminalia cetapa), Kelapa (Cocos nucifera Sp) dan lain-lain

AKSESIBILITAS Untuk mencapai lokasi Pulau Tikus hanya dapat dilakukan melalui laut dengan menggunakan perahu motor dari Bengkulu (Tapak Paderi) ke lokasi selama 1 sampai 2 jam.

more to Masjid Jamik

1 komentar:

  1. hii.. di pulau tikus ada hotel dan tempat sewa untuk menyelam ga? terimakasih

    BalasHapus

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink