Discover Bengkulu

Propinsi Bengkulu secara geografis terletak di pantai barat Pulau Sumatra, membujur sejajar pegunungan Bukit Barisan dan menempati wilayah seluas 19.789 km persegi. Berbatasan dengan propinsi Sumatra Barat dibagian Utara, propinsi Lampung dibagian Selatan, Sumatra Selatan dan Jambi dibagian Timur dan Samudra Hindia dibagian Barat.

Bengkulu berdiri dan manjadi propinsi ke 26 dari Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 16 Nopember 1968 melalui Undang - Undang No.9 Tahun 1967 Jo Peraturan Pemerintah No.20 Tahun 1968 sebelumnya Bengkulu merupakan salah satu karesidenan yang ada di Sumatra bagian Selatan. Pada awal berdirinya Propinsi Bengkulu terdiri dari satu Kotamadya dan tiga Kabupaten pada era Otonomi Daerah saat ini Propinsi Bengkulu memiliki sembilan Kabupaten dan satu Kota.

Jumlah penduduk saat ini mencapai kurang lebih 1.6 juta jiwa yang tersebar pada sembilan Kabupaten / Kota yaitu kabupaten Muko-muko, kabupaten Bengkulu Utara, kabupaten Bengkulu Selatan, kabupaten Kaur, kabupaten Seluma, kabupaten Kepahiang, kabupaten Rejang Lebong, kabupaten Lebong dan kota Bengkulu ditambah kabupaten Bengkulu Tengah sebagai kabupaten pemekaran baru . Suku-suku besar yang mendiami dan menjadi cikal bakal penduduk Propinsi Bengkulu adalah suku Serawai, suku Rejang, suku Melayu, suku Lembak, suku Muko-muko, suku Pekal, suku Enggano.

Topografi Propinsi Bengkulu terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah, bagian timur daerah ini merupakan dataran tinggi dan pegunungan dengan udaranya yang sejukserta memiliki berbagai fenomena alam yang unik dan menarik seperti kawah vulkanik yang dapat didekati, air panas alam yang sangat baik untuk kesehatan, air terjun, danau, telaga tujuh warna, selain fenomena alam wilayah ini juga menjadi pusat sayuran dan buah-buahan serta perkebunan teh yang terhampar seperti permadani hijau yang menyejukkkan.

Pada bagian barat daerah ini merupakan dataran rendah dengan vegetasi cemara laut disepanjang pantai berpasir putih dengan panjang garis pantai lebih dari 525Km. Daerah perairan laut Bengkulu dengan pulau-pulau kecil didalamnya seperti Pulau Tikus, Pulau Mega, Pulau Dua dan Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar dari batas wilayah Indonesia.

Sebagian besar daerah Bengkulu masih di selimuti oleh Hutan Hujan Tropis dengan jenis flora dan fauna langka didalamnya seperti Anggrek, Bunga Kibut (tinggi mencapai antara 1-1.5 m), Bunga Raflesia (Bunga terbesar didunia dengan diameter sampai mencapai 1.5 m), Harimau Sumatra, Gajah Sumatra, Badak Sumatra, Beruang Madu, Gajah Sumatra telah berhasil ditangkar dan menjadi salah satu atraksi wisata dalam Pusat Latihan Gajah di Seblat.

Ibukota Propinsi Bengkulu merupakan kota pantai tua yang memiliki peninggalan sejarah Inggris antara lain Benteng Marlborough, Monumen Thomas Parr, Tugu Hamilton, Kuburan Eropa, Disamping peninggalan sejarah Inggris kota Bengkulu mempunyai arti penting dalam rangkaian sejarah perjuangan bangsa yaitu sebagai tempat pembuangan Panglima Sentot Alibaya (Panglima Diponegoro), Soekarno yang kemudian menjadi Presiden I RI dan Fatmawati sebagai Ibu Negara dan Pahlawan Nasional.

Sebagai mata rantai warisan dan kekayaan budaya Bangsa Indonesia. Perjalanan sejarah Propinsi Bengkulu mempunyai daya tarik bagi bangsa-bangsa lain yang dapat mendorong kegiatan pariwisata.

Propinsi Bengkulu merupakan propinsi di Indonesia yang menjadi bagian dari pemerintahan Inggris pada abad ke.18, pada saat dipimpin oleh Gubernur Jendral Raffles ditemukan bunga terbesar didunia dengan diameter kurang lebih 1 meter. Bunga tersebut kemudian diberi nama Rafflesia Arnoldy berdasarkan nama penemunya yaitu Raffles dan Dr. Arnoldi seorang ahli botani.

Sebagai Ibukota propinsi, kota Bengkulu terus berbenah diri dan menjadikan wilayah perairan dan pantainya sebagai kawasan wisata dengan daya tarik utama pantai berpasir putih dan kerindangan cemara laut ysng didukung oleh sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang pariwisata lainnya.

Saat ini pemerintah Propinsi Bengkulu terus berbenah diri memacu pembangunan daerah dengan berbagi kemudahan bagi investor untuk menanamkan modalnya dalam bidang Pariwisata, Perkebunan, Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Pertambangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink