Tabot

Tabot adalah sebuah acara adat di daerah Bengkulu yang diadakan untuk memperingati wafatnya salah satu cucu Nabi Muhammad SAW, biasanya acara ini diadakan satu tahun sekali, selama 10 hari yaitu mulai dari tanggal 1 Muharam sampai dengan 10 Muharam.

Selama 10 hari banyak sekali aneka kegiatan seperti lomba, bazar, pentas seni dan berbagi macam acara yang memeriahkan acara Tabot.















Pada hari ke 9 yaitu pada malam harinya, seluruh keluarga dan masyarakat berkumpul di Lapangan Merdeka Bengkulu dengan membawa Tabot mereka masing-masing, hal ini biasanya disebut dengan Tabot Bersanding. Adapun dewan juri akan memberikan nilai untuk dicari pemenangnya.









Pada hari ke 10 masyarakat mengiring Tabot dari Lapangan Merdeka menuju tempat pembuangan Tabot di pemakaman Imam Sumbolo dan sebagian dari Tabot dibuang di Pantai Panjang diiringi masyarakat Bengkulu, Pawai, Drumband dan arak-arakan. Ini biasanya disebut dengan Tabot Terbuang.












Adapun tahap dari upacara ini adalah :
Mengambik Tanah(mengambil tanah), Duduk Penja(mencuci jari-jari), Menjara(mengandum), Meradai(mengumpulkan dana), Arak Penja(mengarak jari-jari), Arak Sorban(mengarak sorban), GAM(tenang berkabung), Arak Gedang(taptru akbar).

more to Pantai Sungai Suci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink