Regulator

Regulator adalah alat yang menyalurkan udara kepada penyelam dengan cara merubah tekanan tinggi dari tabung scuba menjadi udara yang sesuai dengan kebutuhan penyelam atau disebut Intermediate Pressure. Dengan regulator ini kita dapat bernafas melalui tabung scuba dengan mudah.

Terdapat beberapa bagian dan fungsi dari regulator yang terdiri

First Stage yang berfungsi mengurangi tekanan tinggi pada tabung hingga tingkat menengah dan menjaga agar tekanan tetap konstan pada saat menyelam.

Second Stage
berfungsi mengurangi tekanan menengah pada selang regulator hingga mencapai tekanan yang sesuai sehingga mempermudah pernafasan pada saat menyelam.

Purge Button
atau Katup Pembuangan, katup ini digunakan untuk mengeluarkan dan membersihkan air yang masuk dari mouthplace pada second stage dengan cara memencet katup pada second stage.

Alternate Air source
, alat ini lebih dikenal dengan nama octopus, alternate air source adalah second stage dengan selang (hose) yang lebih panjang dan terpasang pada first stage regulator, umumnya hose/selang terpasang pada first stage regulator, umumnya hose/selang pada alternate air source berwarna kuning, alat ini dipergunakan sebagai cadangan udara saat kita membantu mitra selain kita yang kehabisan udara saat di bawah.

Submersible pressure gauge, alat ini terdiri dari beberapa bagian seperti pressure gauge yang berfungsi sebagai alat pengukur kedalaman, terkadang juga ada yang terdapat kompas sebagai penunjuk arah didalam console, jadi ketiga bagian alat tersebut disatukan dalam satu bagian berupa console. sehabis dipakai regulator haruslah dirawat secara benar. Air kolam yang mengandung bahan seperti kaporit dapat merusak regulator jika tidak segera dibilas dengan bersih, begitu juga air laut yang banyak mengandung kadar garam bilaslah segera regulator dengan disiram air bersih. jangan sekali-kali menekan purge button saat dibilas karena akan mengakibatkan air masuk kedalam selang. Pada lubang first stage harus ditutup untuk menghindari masuknya air atau juga saat second stage yang kita gunakan bermasalah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink