Jatropha di Bengkulu untuk Bio Diesel

Pada Maret 2009, penulis bertemu dengan teman penulis yang kebetulan sedang mencari lahan untuk investor dengan luas 4000 hektar untuk perkebunan jarak pagar dan secara kebetulan penulis mempunyai info lahan di Bengkulu Selatan. Yang pada akhirnya diadakan pertemuan antara penulis dengan konsultan dari perusahaan PT. Jatropha Solutions dan disepakati harga sekaligus pengurusan surat ijin dan pembebasan lahan oleh team penulis.

Setelah melewati berbagai pertemuan dengan pihak perusahaan dalam hal ini konsultan dan pihak pemerintahan dari perangkat desa sampai Bupati dan Gubernur. Ijin dapat diperoleh dan pihak perusahaan memberikan uang peduli kepada petani penggarap yang sebelumnya menggarap lahan milik Pemda Bengkulu Selatan.

Juni 2009, team dari IPB mengadakan penelitian kelayakan tanah untuk lahan perkebunan jarak pagar dengan luas 4500 hektar dan lahan tersebut cocok untuk tanaman jarak. Setelah diadakan penelitian oleh team IPB penulis beserta team mengadakan pengukuran dan pendataan petani penggarap dan melakukan sosialisasi untuk pembebasan lahan 1000 hektar selama kurang lebih 2 minggu. Tahap demi tahap dilewati dengan sukses dan tidak ada kendala dari pemerintah maupun masyarakat.

10 November 2009, penulis bersama team berangkat dari Bengkulu ke kota Manna-Bengkulu Selatan untuk tugas berikutnya yaitu melakukan pembayaran ke petani penggarap yang menggarap lahan seluas 1000 hektar. Bekerjasama dengan Bank BRI unit Manna penulis berangkat ke desa Tanjung Aur kecamatan Pino Raya kabupaten Bengkulu Selatan dengan pengawalan petugas polisi dari Polres BS dan mambagikan uang kepedulian dari perusahaan PT. Jatropha Solutions kepada petani penggarap.








Masyarakat disana sangat berharap dengan adanya investor yang menanamkan modalnya di bidang perkebunan sehingga bisa menyerap tenaga kerja yang tentunya akan menambah kemakmuran masyarakatnya.

Tulisan ini merupakan pengalaman penulis dan team selama membantu PT. Jatropha Solutions dalam usahanya berinvestasi di bidang perkebunan dengan tanaman jarak yang bisa menjadi energi bio diesel. Dari sini penulis melihat besarnya potensi provinsi Bengkulu untuk investasi di bidang perkebunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink