Fort Marlborough

Anda tentu mengenal "Benteng"??? Jaman dulu, para penjajah membangun benteng sebagai tempat perlindungan dan markas mereka. Perjalanan penulis ke beberapa propinsi di Indonesia sebagian besar benteng peninggalan penjajahan kolonial Belanda. Dan penulis berasal dari kota Cilacap yang terkenal dengan obyek wisata "Benteng Pendem"








Setelah penulis bertugas di Bengkulu pada Agustus 2004 baru mengetahui bahwa di Bengkulu juga terdapat Benteng yang merupakan peninggalan Inggris dan oleh Pemda Bengkulu dijadikan obyek wisata yang tentunya menarik bagi penulis untuk melihat dan memperkenalkan sebagai tujuan wisata.

Penyebutan Fort Marlborough yang menandakan kalau benteng ini adalah peninggalan bangsa Inggris yang sampai sekarang masih utuh, sebelumnya penulis pikir benteng ini adalah peninggalan belanda. Benteng ini dibangun pada tahun 1709-1719 setelah pembangunan Benteng York oleh perusahaan dagang Inggris (East Indian Company) di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini merupakan benteng terbesar di bagian timur jauh setelah benteng George di Madras, India.

Benteng ini dibangun menghadap kearah selatan dan meliputi areal sekitar 44.100 meter. Type bangunan benteng adalah gaya bangunan abad ke.18 dengan model kura-kura. Lebar bangunan 120.5 meter dan panjang 180 meter. Bahan bangunan terbuat dari bata berbagai ukuran yang direkat dengan adukan semen. Bagian luar benteng dikelilingi kanal dan mempunyai pintu gerbang utama yang dihubungkan dengan jembatan. Bagian dalam bangunan juga terdapat pintu gerbang dan jembatan penghubung. Benteng ini terletak di samping Pasar Baru Koto atau Kampung Cina kota Bengkulu.

more to Rumah Pengasingan Bung Karno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink