Koneksi Wifi

Beberapa hari ini penulis fokus kerja ke Bengkulu Selatan dalam rangka menyelesaikan pengurusan ijin perkebunan dan nantinya akan dilanjutkan dengan pembebasan lahan untuk perkebunan jarak. Setelah sebelumnya penulis disibukkan dengan perangkat Wifi yang terkena korban petir di sore hari. Ada keinginan untuk membahas ataupun mengenalkan Wifi, Hotspot, LAN, dan Sharing Internet. Tulisan selanjutnya akan berhubungan dengan Sharing Internet yang bersumber dari buku karangan M. Agus J Alam. dan pengalaman penulis setelah mempelajari buku tersebut.
Kata Wifi sudah sangat akrab di telinga, di sekolah, kantor, pertokoan, dan tempat-tempat lain bahkan di rumah sering ditemui Wifi Hotspot. Dengan adanya Wifi Hotspot kita dapat mengakses internet secara nirkabel atau tanpa kabel.

Wifi atau Wi-Fi kependekan dari Wireless Fidelity, adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Network - WLAN). Didasari pada spesifikasi IEEE 802.11, kemudian berkembang dengan beberapa spesifikasi antara lain 802.11a, 802.11b, 802.11g dan 802.11n.

Dengan Wifi kita dapat terhubung dengan jaringan area lokal (LAN). Jika suatu LAN terhubung dengan jaringan internet, perangkat atau komputer dalam LAN bisa mengakses internet.

Frekuensi Wifi
Standar Wifi yang banyak di pakai di Indonesia adalah 802.11b, dan 802.11g yang bekerja pada frekuensi 2.400MHz sampai dengan 2.483,50MHz terbagi dalam 11 channel (masing masing 5MHz), yaitu : Channel1 - 2,412MHz, Channel2 - 2,417MHz, Channel3 - 2,422MHz, channel4 - 2,427MHz, Channel5 - 2,432MHz, Channel6 - 2,437MHz, Channel7 - 2,442MHz, Channel8 - 2,447MHz, Channel9 - 2,452MHz, Channel10 - 2,457MHz dan Channel11 - 2,462MHz. Setiap pemancar Wifi menggunakan salah satu channel (frekuensi) dan Wifi lain yang akan mengoneksi harus menggunakan channel yang sama. Pembagian channel memperkecil interferensi pada Wifi yang berlainan jaringan (jika menggunakan channel yang berbeda).

Mode Koneksi Wifi
Mode Ad-Hoc adalah koneksi antara dua komputer, dimana satu komputer berfungsi sebagai server dan komputer lain sebagai client. sering disebut sebagai koneksi peer-to-peer.

Mode Infrastructure adalah koneksi antara dua komputer atau lebih, dengan Access Point (AP) sebagai pengatur lalu lintasnya. Access Point adalah suatu perangkat yang dapat memancarkan sinyal Wifi dalam jangkauan tertentu, sering disebut hotspot. melalui hotspot client bisa terkoneksi ke jaringan dan AP-lah yang mengatur lalu lintas datanya.

Perangkat Wifi untuk Client
Perangkat Wifi pada laptop keluaran terbaru biasanya sudah terpasang secara internal, tinggal mengaktifkan dengan menekan tombol tertentu.
Untuk komputer jenis desktop memerlukan hardware (perangkat keras) Wifi tambahan, biasanya berupa kartu PCI Wifi atau USB Wifi. Dapat juga berupa kartu PCMCIA atau kartu lainnya.








Selain hardware Wifi, diperlukan software (perangkat lunak) agar dapat digunakan untuk terhubung dengan jaringan Wifi, software untuk hardware sering disebut driver, jadi perlu driver yang sesuai dengan hardware Wifi. Driver ini perlu diinstalkan ke dalam sistem komputer. Jika sudah mempunyai perangkat Wifi tetapi sistem operasi misal Windows tidak mengenalinya installah drivernya, biasanya driver disertakan dalam bentuk CD pada saat membeli laptop atau membeli perangkat Wifi.

Mengaktifkan dan Memeriksa Perangkat Wifi
Setelah perangkat terpasang (hardware dan software) dapat langsung melakukan koneksi. lakukanlah langkah-langkah berikut ini, penulis menggunakan sistem operasi Windows XP.

1. Pastikan perangkat wifi terhubung, jika menggunakan laptop pastikan perangkat sudah aktif (on).

2. Klik Start > Connect To > Show all connections sehingga muncul jendela Network connections. Cara lain adalah klik kanan pada ikon koneksi (gambar komputer yang terletak dikanan bawah layar), lalu pilih Open Network Connections, atau klik Start > Control Panel > Network Connections. Koneksi wireless (nirkabel) mempunyai nama Wireless Network Connections dan dapat diganti namanya jika diperlukan.















Site Survey dan Melakukan Koneksi
Jika sudah pernah melakukan koneksi sebelumnya, begitu perangkat Wifi siap secara otomatis Wifi akan terkoneksi pada salah satu preferred connections (koneksi yang telah terdaftar sebelumnya, terurut berdasar prioritas).
Jika belum pernah melakukan koneksi atau ingin melakukan koneksi dengan Wifi lain, lakukan langkah berikut ini.

1. Jika pada kanan bawah layar terdapat ikon koneksi Wifi (jangan salah dengan koneksi kabel), klik ganda pada ikon tersebut sehingga muncul kotak Wireless Network Connections Status. Cara lain klik Start > Connect To > Show all connections sehingga muncul jendela Network Connections, lalu klik ganda pada koneksi yang diinginkan.
























2. Klik pada tombol View Wireless Network sehingga muncul kotak dialog daftar pemancar wireless.
















3. Melakukan Site Survey (mencari dan menampilkan sinyal Wifi yang terdeteksi), klik pada Refresh network list. Perhatikan bisa di klik beberapa kali karena bisa jadi sinyal tidak terlihat.

4. Untuk melakukan koneksi pada suatu Wifi yang terdapat pada daftar Wifi yang terdeteksi, klik ganda pada ikon sinyal Wifi yang diinginkan. Cara lain dengan mengkliknya lalu klik tombol Connect.
Tanda Wifi terkoneksi dengan Wifi lain muncul tulisan Connected.

5. Mengklik ganda pada ikon Wifi yang terhubung (Connected) artinya anda melakukan diskoneksi (memutus hubungan). Cara lain melakukan diskoneksi adalah mengkliknya, lalu klik tombol Disconnect.

Sinyal Wifi yang memancar ada yang menggunakan pengaman, biasanya pengamanan menggunakan pengkodean (enkripsi). Jika dipancarkan dalam bentuk pengkodean disebut Secured jika tidak disebut Unsecured.

Site Survey dengan Tool Bawaan Hardware
Cara melakukan site survey dan koneksi diatas adalah cara standard Windows. Umumnya Hardware menyertakan program tersendiri untuk koneksi. Bisa berbeda tampilan dan susunannya, walaupun tetap mengikuti standar dan mudah dimengerti.













Hal terpenting tool koneksi WLAN adalah kemampuan untuk menampilkan sinyal Wifi yang terdeteksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink