Pengaturan Alamat IP

Setelah perangkat Wifi (WLAN) terkoneksi dengan Access Point (AP), apakah bisa langsung interaksi atau menggunakan fasilitas jaringan? misal, apakah bisa terkoneksi dengan internet yang terpasang dalam jaringan atau dapat mengambil data dari server atau komputer lain dalam satu jaringan.

Jawabannya ternyata belum tentu!! Mengapa?

Perlu diketahui suatu komputer dengan komputer lain (antar perangkat) dalam jaringan akan dapat berkomunikasi apabila saling mengenali alamat masing-masing. Alamat perangkat ini disebut IP Address. IP adalah singkatan dari Internet Protocol.
Dalam sebuah jaringan, pemberian alamat IP bisa dengan secara otomatis dan manual. Pemberian alamat otomatis dalam jaringan disebut sebagai Server DHCP. DHCP singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol.

Melihat Alamat IP
Untuk melihat alamat IP, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Jika pada kanan bawah layar terdapat ikon koneksi Wifi (jangan salah dengan koneksi kabel), klik ganda pada ikon teersebut sehingga muncul kotak dialog Wireless Network Connection Status. Cara lain, klik Start > Connect To > Show all connections sehingga muncul jendela Network Connections, lalu klik ganda pada koneksi yang diinginkan.



















2. Klik tab Support sehingga muncul tampilan seperti gambar, perhatikan status pada Address Type terisi Assigned by DHCP yang berarti alamat IP diberikan oleh server DHCP. Alamat IP yang didapat adalah 192.168.1.107. Status koneksi ini menunjukan bahwa komputer anda sudah terkoneksi ke dalam jaringan dan sudah mengikuti cara pengalamatan yang ditentukan, sehingga bisa berkomunikasi dengan komputer atau perangkat lain dalam jaringan.
















Akan tetapi, jika yang muncul adalah tampilan seperti gambar dibawah ini, berarti dalam jaringan tidak terdapat server DHCP atau kualitas koneksi sangat buruk, sehingga tidak mendapat alamat IP yang benar. Jika demikian dapat dicoba klik Repair atau membuat alamat IP secara manual (jika repair gagal).





















Bentuk tampilan lain yang kemungkinan menunjukan WLAN anda tidak terkoneksi dengan jaringan adalah seperti pada Address Type yang berisi Automatic Private Address. Ini berarti koneksi dengan AP berhasil, tetapi tidak menggunakan pengalamatan IP sendiri yang belum tentu cocok dengan pengalamatan IP jaringan.

Pengaturan Alamat IP Mengikuti DHCP Server
Jika ingin WLAN(Wifi) mengikuti penomoran server DHCP, lakukan langkah berikut :

1. Lakukan klik ganda pada ikon koneksi Wifi sehingga muncul kotak dialog Wireless Network Connections Status. Atau menggunakan cara lain, klik Start>Connect To>Show all connections sehingga muncul jendela Network Connections, klik ganda pada koneksi yang diinginkan.















2. Pada tab General, klik Properties sehingga muncul kotak dialog Wireless Network Connections Properties.

3. Klik Internet Protocol (TCP/IP) pada kotak This connections uses the following items.

4. klik Properties, akan muncul kotak Internet Protocol (TCP/IP)















5. Pada tab General, klik Obtain an IP Address automatically dan Obtain DNS server address automatically.

6. klik OK, lalu Close

Perangkat Wifi akan mengikuti pengalamatan server DHCP. Jika koneksi Wifi dengan AP / Hotspot bagus dan server DHCP hanya satu, seharusnya akan segera mendapat alamat IP yang benar.

Pengaturan Alamat IP secara Manual
Yang sering terjadi dalam jaringan tidak disiapkan server DHCP, koneksi hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengetahui aturan pengalamatan jaringan tersebut.
Untuk mengatur alamat IP secara manual, lakukan langkah berikut :

1. Klik ganda pada ikon koneksi Wifi sehingga muncul kotak dialog Wireless Network Connections Status, atau cara lain klik sehingga muncul Start>Connect To>Show all connections sehingga muncul Network Connections, lalu klik ganda pada koneksi yang diinginkan.

2. Pada tab General klik Properties sehingga muncul Wireless Network Connections Properties.

3. Klik Internet Protocol (TCP/IP)

4. Klik Properties, lalu pada Use the following address isilah alamat IP-nya















5. klik OK, lalu Close.

-Pengisian Subnet mask disesuaikan dengan jaringan, setelah mengisi alamat IP tekan tombol Tab Subnet Mask akan terisi sendiri.

-Gateway diisi dengan nomor IP router. Router adalah komputer atau perangkatyang menghubungkan jaringan dengan jaringan atau jaringan dengan internet. Biasa modem sudah dilengkapi router.

-DNS diisi alamat router atau Domain Name Server dari peenyedia layanan jasa internet (ISP).

IP Lokal
Ada empat alamat IP lokal yang umum dipakai.
10.15.x.x, 172.31.x.x, 192.168.x.x, 169.254.x.x dan x adalah angka 0 sampai 254.

Jika kita tidak mengikuti alamat IP lokal diatas sesuai ketentuan umum, dikhawatirkan akan terjadi masalah, misal kita menggunakan IP 202.134.100.1 alamat IP ini bukan yang lazim dipakai sebagai alamat IP lokal. Ada kemungkinan alamat IP tersebut dipakai oleh website diinternet, jika demikian komputer tidak bisa mengakses website tersebut.

1 komentar:

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink