Koneksi Internet untuk Sharing

Setelah kita menggunakan jaringan lokal (LAN) kita mulai menambahkan koneksi internet ke dalam jaringan lokal, sehingga jaringan kita menjadi lebih luas (WAN). Koneksi internet bisa dipakai secara bersama (sharing), tetapi kalau koneksi internet lambat tentu tidak memadai untuk sharing. Koneksi bisa menggunakan koneksi dengan kecepatan (bandwidth) cukup besar yang ada di Indonesia, misal koneksi ADSL Speedy, koneksi wireless broadband atau dedicated, atau koneksi DSL.

Koneksi internet disediakan oleh penyedia jasa internet atau disebut ISP (Internet Service Provider). Kalau berlangganan pada suatu ISP, biasanya akan dilayani pemasangannya oleh ISP yang bersangkutan sampai komputer bisa mengakses internet lewat ISP tersebut.

Beberapa ISP menyediakan koneksi internet menggunakan perangkat Wifi. Untuk dapat mengakses harus menyediakan perangkat Wifi client untuk melakukan koneksi dengan AP milik ISP. Jika koneksi akan di-sharing, dianjurkanmenggunakan AP yang difungsikan sebagai AP-Client.

Bentuk koneksi internet lewat Wifi bisa berupa Internet(ISP)---AP(ISP)---AP-Client---Komputer Client koneksi seperti ini digunakan jika koneksi hanya digunakan pada satu komputer client

Bentuk koneksi internet lewat Wifi lainnya bisa berupa Internet(ISP)---AP(ISP)---AP-Client---Router---beberapa Komputer Client koneksi seperti ini digunakan jika koneksi digunakan oleh beberapa komputer client atau bisa juga hanya satu komputer client




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink