Setting Keamanan Sinyal AP

Sinyal Wifi dapat dipancarkan tanpa enkripsi (unsecured) atau dengan enkripsi (secured). Tujuan menggunakan enkripsi (pengkodean) adalah untuk keamanan, yaitu membatasi hanya client yang mengetahui kodenya yang bisa terkoneksi dengan AP. Dan karena sinyal yang dipancarkan terkode, maka bisa menghindari pihak lain mengetahui isi data yang dipancarkan.

Metode enkripsi yang bisa dipilih bermacam-macam, Jika ingin melakukan enkripsi terhadap sinyal yang dipancarkan AP, lakukan langkah berikut.

1. Pilih menu Wireless pada menu AP.

2. Pilih Security Settings atau yang searti dengan itu.















3. Pilih type WEP lalu pilih kunci metode untuk melakukan enkripsi (WEP Key Format) ASCII, lalu pilih misal 64bit, 128bit

4. Ketikkan lima karakter yang dipakai sebagai kunci pengkodean, misal l@nal.

5. Klik Save setelah sebelumnya tanda Reboot dicentang, atau yang searti dengan itu.

Untuk bisa berkomunikasi dengan AP, client yang mengoneksi harus memasukkan kunci enkripsinya. Jika kuncinya tidak benar, client masih bisa terkoneksi tetapi tidak dapat berkomunikasi seandainya di-ping tidak ada reply. Jika kunci yang dimasukkan benar koneksi akan lancar.

Jika AP-Client atau repeater akan melakukan koneksi pada AP yang terenkripsi, AP-Client atau repeater tersebut harus menggunakan enkripsi yamg sama persis baik metode dan kuncinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink