Upgrade Firmware AP

Tiap AP mempunyai Firmware yaitu suatu program yang mengoperasikan AP sehingga dapat menjalankan fungsinya. Firmware AP adalah sistem operasi untuk menjalankan perangkat keras sehingga AP bisa berfungsi. Firmware tersimpan dalam memory flash AP, yaitu memory yang tidak akan kehilangan data manakala AP tidak ada power dan isinya dapat diganti. Saat AP diluncurkan ke pasaran dibekali dengan firmware versi tertentu, pabrik pembuat AP biasanya mengembangkan hardware dan software-nya sehingga terjadi perbaikan dan penyampurnaan AP.

Firmware versi baru biasa diluncurkan untuk mengatasi gangguan selama operasi AP, misal sering hang atau untuk menambah fasilitas AP misal menambah fasilitas repeater jika sebelumnya tidak ada. Firmware versi baru biasanya bisa di download dari internet secara gratis dari website pembuatnya atau pihak lain yang mengembangkan firmware untuk suatu AP.

Setelah melakukan pencarian di internet dan jika ada firmware baru yang bermanfaat untuk AP, lakukan langkah berikut untuk upgrade firmware.

1. Download firmware dari internet, jika bentuk file yang dipadatkan (zip), extract menjadi file yang siap pakai.

2. Panggil menu AP dengan mengetik alamat IP pada program browser.

3. Ikuti langkah sesuai petunjuk menu AP.

















Pada beberapa merk, setelah proses upgrade setting AP dikembalikan ke setting bawaan pabrik (setting default) sehingga harus disetting ulang. Sebaiknya sebelum proses upgrade simpan dulu setting sebelumnya lewat menu Back up sehingga nanti settingnya bisa dikembalikan lewat menu Restore. Pada kebanyakan merk proses upgrade tidak me-reset setting AP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink