AP Sebagai Client (AP-Client)

Produk AP biasanya dilengkapi dengan pilihan sebagai AP-Client. Misal kita ingin terkoneksi dengan AP lain yang sinyalnya tidak bisa diterima dari posisi komputer kita berada, bisa menggunakan AP sebagai alat untuk koneksi. Langkahnya sebagai berikut.













1. Letakkan AP pada posisi yang memungkinkan untuk mendapat sinyal dari AP yang terhubung dengan jaringan internet (misal kita letakkan diatas rumah, koridor kantor dan lain-lain).

2. Sambungkan komputer dari LAN card ke port ethernet AP menggunakan kabel.

3. Buka menu AP, lalu tampilkan menu Wireless atau pada merk lain menu AP Mode
















4. Pilih AP Client lalu masukkan SSID atau BSSID (MAC Address) dari AP yang dikoneksi, jika tidak yakin lakukan Site Survey untuk menampilkan daftar AP yang bisa dikoneksi.












5. Setelah memilih AP yang dikoneksi, klik Connect atau merk lain Save.

Menggunakan AP Sebagai Repeater
Selain dipakai sebagai AP dan AP-Client, radio AP biasa dilengkapi dengan mode repeater. Mode ini sebetulnya gabungan dari mode AP dan mode AP-Client, artinya AP yang dipakai sebagai repeater akan bisa berkomunikasi dengan suatu AP dan meneruskan jaringannya lewat kabel UTP dan secara Wireless (memancarkan sinyal wifi dan dapat dikoneksi oleh client). Penggunaan repeater akan memperluas jangkauan jaringan Wifi.











Pada beberapa merk, mode repeater hanya bisa bekerja jika AP dan repeater berasal dari merk yang sama, tetapi banyak juga yang bisa bekerja meskipun berbeda merk. Beberapa merk AP menggunakan istilah repeater dan universal repeater. kedua jenis tersebut sama saja cara kerjanya, biasanya universal repeater lebih luas kompatibilitasnya dengan merk yang berbeda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink