Mengubah Alamat IP pada AP

Setiap perangkat Wifi harus mempunyai alamat IP untuk berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Alamat IP untuk mengetahui dari mana dan kemana suatu data mengalir.Yang perlu diperhatikan dalam satu jaringan tidak boleh ada alamat IP yang sama, karena bisa menyebabkan konflik ataupun kekacauan lalu lintas data, seperti hal kalau ada alamat rumah yang sama persis.

Setiap AP mempunyai alamat IP bawaan pabrik yang kemungkinan sama dengan AP atau perangkat lain yang mempunyai alamat IP bawaan pabrik. Untuk menghindari konflik alamat IP segera mengubah alamat IP AP yang baru dipasang. Dan tiap AP mempunyai menu yang berbeda. Untuk mengubah IP AP, lakukan langkah berikut ini.

1. Biasa menu untuk mengubah alamat IP ada dalam pilihan LAN atau Network.















2. Pada pilihan Type bisa memilih Static IP atau Dynamic IP, jika memilih Dynamic berarti IP-nya bisa berapa saja tergantung pemberian server DHCP (kalau ada). Disarankan untuk alamat IP AP menggunakan tipe Static.

3. Klik Save. Sesudah setting disimpan biasa AP akan reboot.

Karena alamat IP AP diubah, maka IP komputer juga diubah disesuaikan dengan alamat IP AP (misal 192.168.1.109) supaya dapat mengakses AP.

Menggunakan AP Sebagai Server DHCP
Jika jaringan terhubung internet dan misalnya alamat IP gateway adalah 192.168.1.1, settingnya













Jika AP mempunyai kemampuan sebagai server DHCP dan diatur sebagai server DHCP nantinya setiap client terhubung dan menggunakan setting IP Obtain Automatically (client akan mendapatkan alamat IP yang diberikan AP).
Dalam satu jaringan hanya diperkenankan satu server DHCP jika terdapat lebih dari satu pengalamatan IP menjadi tidak stabil dan tidak konsisten.

Menggunakan Modus AP dan Menentukan SSID
Saat ini suatu radio Wifi mempunyai beberapa pilihan fungsi, sebagai AP, sebagai client, sebagai repeater atau fungsi lain.
Untuk memastikan radio Wifi berfungsi sebagai AP, lakukan langkah berikut.

1. Pilih menu Wireless> Basic Settings















2. Pilih modus Access Point.

3. Tentukan SSID, yaitu teks yang akan ditampilkan saat perangkat Wifi lain melakukan site survey. SSID berfungsi sebagai pengenal AP dan client dapat melakukan koneksi dengan AP. Panjang teks biasanya maksimum 32 karakter.

4. Tentukan Channel yang dipakai. Channel ini menentukan frekuensi yang dipakai AP.

5. Tentukan Mode. Mode berhubungan dengan kecepatan maksimum koneksi, kekuatan sinyal (makin kecil kecepatan akan makin kuat sinyalnya), serta standarisasi pengkodean.

6. Pilihan Region, pilih negara sesuai pengguna AP. Ini mempengaruhi batas kekuatan pancaran sinyal.

7. Klik Save untuk menyimpan, bila perlu setelahnya lakukan Reboot (bisa lewat menu atau mencabut sebentar listrik).

Mengubah Password AP
Client yang terkoneksi ke AP dan mengenali alamat IP AP akan dapat memanggil menu AP, dengan cara mengetik alamat IP AP ke dalam program browser. Sebaiknya user name dan password AP diubah supaya orang yang tidak berhak tidak dapat masuk ke menu AP.

Untuk mengubah user name dan password AP, lakukan langkah berikut.

1. Pilih menu System Tools, atau dalam merk lain menu Management atau Configure atau yang lain.

2. Pilih Password

3. Ketikkan user name dan password lama dan ketikkan user name dan password baru. Kita harus ingat user name dan password baru tersebut untuk bisa masuk ke menu AP.

4. Klik Save untuk menyimpan. Biasa kita dibawa ke menu login lagi.
















Reset Setting AP
Karena suatu hal, misal lupa user name dan password atau AP tidak bekerja dengan baik, atau setting salah dan kita kesulitan untuk mengembalikkan setting awal, dapat melakukan reset yaitu mengembalikan meluruh setting AP ke setting bawaan pabrik.

Untuk melakukan reset, tekan tombol reset (tombol reset terletak di radio AP berupa lobang kecil sehingga perlu batang kecil untuk dapat menekannya) selama beberapa detik dalam keadaan AP menyala. Ada juga AP yang menyediakan menu Reset to default setting untuk mengembalikkan setting bawaan pabrik.




2 komentar:

  1. kalau pasang AP di sekitar tempat yang ada antena indovisionnya kira2 mempengaruhi nggak... karna semenjak saya pasang AP ... tv indovison saya malah kabur gambarnya

    BalasHapus
  2. penulis pernah punya pengalaman yang sama ketika AP berdekatan dengan antena Indovision lebih jelasnya bisa di baca http://www.forummikrotik.com/wireless-networking/11836-sinyal-wireless-2-4-emang-ganggu-sinyal-uhf-tv-ya-2.html

    BalasHapus

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink