Pengenalan Access Point (AP)

Access Point (AP) adalah suatu alat yang memancarkan sinyal Wifi yang dapat dikoneksi oleh Wifi client. AP berfungsi mengatur lalu lintas data yang dilakukan oleh client yang terkoneksi dengannya. Pada awalnya AP berbentuk kotak dengan satu antena dan satu port ethernet. Sekarang radio Wifi mempunyai beberapa fungsi, misal sebagai AP, AP-client, router dan fungsi lainnya. Tidak semua radio Wifi mempunyai fungsi AP. Jika membeli radio Wifi yang akan difungsikan sebagai AP, pastikan yang mempunyai fungsi AP.

Memasang AP
AP mempunyai dua tipe, yaitu indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan). Desain keduanya berbeda untuk outdoor dibuat terbungkus kotak yang tahan cuaca sebaliknya dengan indoor.

AP tipe outdoor relatif mahal harganya, penulis menggunakan AP indoor untuk diluar ruangan ditempatkan dalam kotak yang tahan cuaca. AP ada yang mempunyai antena tetap dan antena yang bisa dilepas. Kelebihan antena yang bisa dilepas, antena bisa diganti antena lain yang punya spesifikasi tertentu, misal mempunyai sudut pancar tertentu, lebih sensitif untuk memperkuat sinyal.

Pemasangan AP melihat kondisi lapangan, juga kearah mana sinyal Wifi ingin dipancarkan. Aslinya AP menggunakan antena kecil disebut antena dipole, yang mempunyai sebaran sinyal 360 derajat. Client dapat sinyal dari arah mana saja. Sinyal Wifi rentan terhadap halangan bisa berupa pohon, tembok, atau halangan lain. Sinyal Wifi terbaik bisa diperoleh jika antara AP dan client tidak ada penghalang (LOS=Line Of Sight). Meski demikian sinyal Wifi bisa berupa pantulan yang didapat client, biasa kekuatan sinyal lemah, kecuali dalam ruangan dengan jarak yang tidak jauh.

Pada pemakaian diluar ruang digunakan untuk memperluas jangkauan atau area pancaran sinyal dan penempatan AP dibuat semakin tinggi.

Setting AP
Setelah AP terpasang dan power listrik nyala, kita perlu setting AP yang dilakukan di komputer client. Untuk setting AP kita harus terkoneksi dengan AP tersebut. Koneksi bisa lewat kabel atau Wifi.

Setelah komputer terkoneksi lakukan langkah berikut:

1. Sesuaikan alamat IP komputer kita dengan IP dari AP, setiap AP mempunyai alamat IP bawaan pabrik (IP default). Biasa bernomor 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 atau 192.168.1.254, lihat dibelakang kotak AP.

2. Alamat IP komputer kita harus diubah menjadi satu kelompok dengan IP AP, tetapi tidak boleh sama, misal IP AP 192.168.1.1 maka ubahlah IP komputer kita menjadi 192.168.1.100 atau 192.168.1.119 (nomor belakangnya yang dibedakan).

3. Buka browser internet, misal IE, Firefox, Opera atau yang lain.

4. Ketikkan IP AP yang akan diatur pada isian Address setelah itu tekan Enter










Jika AP terkoneksi dengan komputer kita akan muncul tampilan Login yang menanyakan user name dan password.







5. Masukkan user name dan password yang sesuai. Setting pertama kali menggunakan user name dan pasword default, biasanya user name dan pasword default admin.

6. Klik OK hingga muncul menu AP yang akan kita atur, selanjutnya pengaturan dilakukan sesuai menu yang disediakan AP












Setiap merk AP mempunyai kemampuan dan fasilitas berbeda-beda, serta letak menu yang juga berbeda. Biasanya mempunyai kemampuan standar dan istilah standar dipakai secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink