BCD (Bouyancy Compensator Device)

BCD (Bouyancy Compensator Device) merupakan peralatan Scuba/Scuba Gear berguna untuk mempertahankan daya apung positif saat kita berada dipermukaan dan daya apung netral saat kita menyelam, dengan menggunakan BCD penyelam dapat turun, naik dan mengapung dipermukaan dengan mudah dan efisien. Sehingga tidak banyak mengeluarkan tenaga.

Ada 3 jenis BCD yaitu type front mount, back mounted dan jacket style. Dari ketiga jenis ini yang paling populer dan banyak digunakan adalah type jacket style.

BCD memiliki bagian-bagian yang harus diketahui dengan baik oleh pemakainya, bagian tersebut seperti penggunaan Low Pressure Inflator, misal saat membuang udara dalam BCD (deflate) untuk turun ke dalam dan (inflate) untuk mengapung dipermukaan, cara memasang Buckle dan Strap yang ada pada BCD dan bagaimana cara membuang kelebihan udara dengan menggunakan Over Pressure Relief Valve.

Untuk perawatan, setelah menyelam pada bagian dalam dan luar BCD haruslah dibersihkan dengan air yang bersih, kemudian keringkan dengan digantung ditempat yang teduh. Setelah dikeringkan BCD disimpan dalam keadaan bersih, sisakan sedikit udara didalamnya. Hindari BCD disimpan dengan keadaan dilipat atau terkena himpitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink