Taman Buru Semidang Bukit Kabu

Kawasan Semidang Bukit Kabu merupakan Taman Buru Nasional yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No.186/Kpts/Um/4/1973 Tanggal 1 April 1973, luas kawasan taman buru 15.300Ha. Dikawasan ini masih banyak terdapat satwa langka yang dilindungi, seperti : harimau Sumatra, rusa, menjangan, babi hutan, dan berbagai jenis hewan langka lainnya.

Kawasan ini merupakan sorga bagi pemburu untuk berburu babi. Babi hutan ini merupakan satu-satunya jenis hewan yang diizinkan untuk diburu menggunakan senjata api atau berburu tradisional dan bagi yang menggunakan senjata api harus mendapat izin.

Taman Buru Semidang Bukit Kabu terletak di kecamatan Talang IV (kabupaten Bengkulu Tengah) dan kecamatan Seluma (kabupaten Bengkulu Selatan). Secara geografis Taman Buru Semidang Bukit Kabu terletak antara 102°31'-102°37' LS dan 03°54’ - 04°00' BT. Keadaan topografi dikawasan Cagar Alam tersebut relatif datar dengan kelerengan 0%-8% dengan ketinggian letak rata-rata 15 m dpl.

Struktur geologi di kawasan cagar alam ini terdiri dari Batuan Neogin (Pliosin, Miosin), sedang jenis tanahnya terdiri dari Organosol, Gleihumus dan Regosol. Adapun tipe iklim menurut Klasifikasi Schidth dan Ferguson adalah type A.

Jenis Flora yang dominan dikawasan tersebut adalah Meranti (Shorea sp), sedangkan jenis-jenis lain di kawasan tersebut adalah Pelangas (Aporos aurita), Komutum (Cratoxylon sp). Taman Buru Semidang Bukit Kabu merupakan ekosistem hutan tropis basah tanah rendah. Terdapat satwa babi hutan (Sus sp.), rusa (Cervus sp.), kijang Muntiacus muntjak), tapir, ular, beruang dan kelompok kera-kera serta berbagai macam burung.

Untuk mencapai lokasi Semidang Bukit kabu dapat menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua/kendaraan pribadi, dengan jalur: Bengkulu-Babatan (20 km), dari Babatan ke lokasi 20 km. Bengkulu-Sukaraja (25 Km), Sukaraja ke lokasi 12 km. Bengkulu-Tumbu'an (40 km), Tumbu'an ke lokasi 25 Km. Bengkulu-Tabalagan (25 Km), Tabalagan ke lokasi 5 Km.

More to Air Terjun Batu Bekinyau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ikuti saya

ID
ardi.romdani@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!
Travel blogs & blog posts
Resorts Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Travel Blogs
Free Automatic Backlink